Monday, February 6, 2012

JALAN JALAN HEMAT TIGA HARI TIGA MALAM DI MALAYSIA DAN SINGAPORE

I. Persiapan Sebelum Berangkat.

Perjalanan kita bertiga ( Saya, Mama’e Olif, dan Olif ) ini sudah direncanakan cukup lama sekitar sepuluh bulan yang lalu, sejak mendapat tiket promo dari AirAsia, Rp 712.000 untuk kita bertiga PP dari Surabaya ke Kuala Lumpur. Tiket saya pesan sekitar bulan November 2010 dan berangkat ke Kuala Lumpur Tgl 20 September 2011. Untuk urusan paspor kami sengaja mengurus sendiri untuk menghemat biaya di kantor imigrasi Waru, Sidoarjo. Untuk lebih jelasnya klik link ini. Per orang kurang lebih mengabiskan biaya Rp 280.000. Cara mengurusnya cukup mudah, kira – kira 3 hari sudah jadi. Penginapan kami waktu itu di Tune Hotels, Danga Bay Johor Bahru. Kebetulan waktu itu kami dapat promo menginap hanya RM 45 untuk 2 malam. Ini website resmi Tune hotels. Hotelnya cukup bersih dan lumayanlah, untuk sekedar melepaskan lelah kami bertiga.
II. Rangkaian Perjalanan Kami
a. Hari pertama ( 20 September 2011 )
Barang – barang yang akan kami bawa sudah kami persiapkan tadi malam, sehingga kami tinggal berangkat saja pagi ini,. Dari rumah ke Bandara Juanda perjalanan kami tempuh kurang lebih 0.5 jam dari rumah menggunakan sepeda motor, sepeda motor dititipkan ke parkiran sepeda motor di Juanda yang letaknya persis di depan pemberangkatan domestic di Bandara Juanda. Masuk di bandara Juanda Baru sepeda motor dikenanakan biaya Rp 1500. Jangan lupa bilang ke tukang parkir kita akan menginapkan sepeda motor, biar lebih aman.
Tiba di bandara sekitar jam 03.00 kami menuju ke gate internasonal departure yang terletak di paling timur bandara. Tapi pintu pemberangkatan internasional masih tutup belum buka. Sekitar pukul 04.00 pintu sudah dibuka. Didepan pintu keberangkatan paspor dan bording pas kita di chek terlebih dahulu, jangan lupa untuk melakukan web chek in atau mobile chek in di website airasia sebelum berangkat. Setelah masuk kami langsung menuju ke loket airasia untuk membayar airport tax dan untuk ditimbang bagasi kita. Dan mendapat bukti penyerahan bagasi, airport tax, dan kartu imigrasi terlebih dahulu. Isilah kartu imgrasi tersebut dengan lengkap, setelah selesai naiklah ke lantai 2 untuk melakukan pemeriksaan imigrasi, prosesnya sangat cepat. Setelah di cek kita langsung menuju ke ruang bording pass untuk munggu pesawat. Begitu pintu boarding di buka kita lansung menuju ke pesawat melalui belalai gajah, dan langsung menempati lokasi kursi sesuai yang ada di boarding pass ( mohon maaf mungkin penjelasannya terlalu lengkap, tapi mungkin ini berguna bagi yang belum pernah berangkat ke luar negeri ). Setelah dijelaskan secara singkat penggunaan safety belt, dan jaket pelampung oleh para pramugari kita kemudian take off. Selama diperjalanan para pramugari menjual banyak makanan dan minuman didalam pesawat apabila kita memerlukannya. Pesawat berangkat pukul 05.10 dan tiba di Kuala lumpur pukul 08.45 waktu setempat, atau kurang lebih waktunya 2 jam lebih 20 menit. Dan didalam pesawat pramugari Airasia akan membagikan kartu imgrasi, dan segeralah diisi. Lokasi pendaratan pesawat di LCCT airport, setelah kita turun dari pesawat kita langsung menuju ke lantai 2 untuk melakukan pengecekan imigrasi, untuk pengambilan bagasi kita lurus saja ikuti petunjuk yang ada, dan jangan lupa untuk membeli tiket fast train bila kita ingin menuju ke KL Sentral, atau dengan naik bus nya airasia Skybus. Bila kita beli tiket fast train kita akan di kasih 2 tiket per orang,. Bila tujuan kita berikutnya ke Singapore, atau kota-kota besar lainnya di Malaysia saya anjurkan untuk naik Fast Train karena kita bisa menuju ke terminal TBS ( Terminal Bersepadu Selatan atau Bandar Tasik Selatan ), dengan lebih cepat karena kita tidak perlu ke KL Sentral dulu untuk transit. Untuk ongkos naik fast train sebesar RM untuk dewasa dan anak anak RM . Dari LCCT ke TBS mengunakan fast train di berikan 2 tiket, 1 tiket untuk tiket bus dari LCCT ke Stasiun Salak Tinggi, dan 1 tiket untuk naik kereta fast train dari Salak Tinggi ke TBS/BTS
Gambar Salak Tinggi

Gambar TBS

Gambar di fast train

Saya kali ini memilih naik fast train untuk menuju terminal BTS/BTS untuk melanjutkan perjalanan ke JOHOR BAHRU. Setelah mengambil bagasi kita jalan lurus menuju pintu keluar lalu kita akan menjumpai starbucks coffe, lurus saja nanti anda akan menjumpai banyak bus yang menunggu penumpang disitu, untuk ke Salak Tinggi ambil jurusan yang paling kanan. Kurang dari 20 menit kita sudah sampai ke stasiun Salak Tinggi, masuklah ke gate stasiun dengan memasukkan tiket ke mesin maka pintu akan otomatis terbuka, naiklah ke lantai 2 untuk menyeberang monorail, ( jangan menyeberang langsung melewati rel karena sangat berbahaya, dan dendanya sangat tinggi ). Didalam Fast Train dilarang untuk merokok, makan, dan membuang sampah sembarangan.
Dari Salak Tinggi ke BTS kira-kira 20 menit, jalan kaki lalu ikuti petunjuk yang
ada untuk masuk ke lobyi terminal TBS, belilah tiket, kemerin saya beli tiket
bus dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru sebesar RM 31.00 untuk dewasa dan RM 23.30
untuk anak-anak.

Bus istirahat di Johor Bahru

Perjalanan dari BTS ke Johor Bahru membutuhkan waktu kurang lebih 4.5 jam, di tengah perjalanan kita istirahat sebentar, untuk makan atau ke toilet. Akhirnya kami tiba juga di terminal Johor Bahru, lokasinya bersebelahan dengan pasar, disitu juga terdapat MCdonald bila Anda inigin membeli makanan dan juga banyak restoran-restoran yang menjual berbagai jenis makanan. Istirahat sebentar lalu kami naik taksi ke Tune Hotel Danga Bay, ongkosnya RM 15.
b. Hari Kedua ( 21 September 2011

Istirahat di Hotel Tune lumayan nyaman, kami bertiga dapat tidur dengan nyenyak, setelah terdengar adzan subuh kami segera mandi dan segera pergi ke terminal larkin lagi untuk meneruskan perjalanan kita ke Singapura, ternyata naik taksi lebih murah bila dari hotel ongkosnya cuma RM 10. Di terminal Larkin kami naik bus no 170 warna ungu untuk melanjutkan perjalanan ke Stasium MRT Kranji di Singapore. Ongkos naik BUS cuma RM 1.8, setelah kurang lebih 15 menit berjalan bus berhenti di imigrasi untuk dilakukan pengecekan paspor, tempat imgrasi Malaysia ini sangat luas, dan waktu itu kami berangkat bersamaan dengan orang berangkat bekerja dan anak-anak pergi ke sekolah sehingga suasana sangat ramai, tapi petugas disana sangat banyak sehingga kita cepat dilayani. Disini robekan kartu imgrasi yang diberikan waktu kedatangan kita di LCCT diserahkan disini, jadi bila mendapat robekan kertas imigrasi jangan dibuang karena akan diminta waktu kita akan meninggalkan negara tersebut. Setelah selesai di cek kita akan menuju ke lantai bawah untuk naik bus, tetaplah naik bus no 170 karena bila naik bis lain kita akan bayar lagi. KIra-kira 8 menit berjalan kita masuk ke imigrasi Singapore, disini Anda diharuskan mengisi kartu imigrasi lagi. Setelah paspor kita dicek kita turun kebawah dan pergi lagi melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang sama no 170. Tiba di stasiun Kranji belilah tiket MRT di mesin-mesin tiket, biasanya mesin ini hanya menerima uang koin dan pecahan 1,2,5 Dolar Singapur. Tiket jangan dihilangkan karena akan dipakai bila kita akan keluar dari stasium MRT. Kami berencana untuk pergi ke Jurong Bird Park untuk menuruti keinginan Oliev untuk melihat penguin ( karena terlalu sering nonton Bernard ). Untuk ke Bird Park kita naik MRT ke stasiun MRT Jurong East. Dari Jurong East kita pindah jalur MRT menju Boon Lay, dari Boon lay kita masuk saja ke Mall lalu carilah stasiun bus didalamnya naiklah bus No 194 untuk menju Jurong Bird Park.
Inilah gambar yang kita ambil di Jurong Bird Park.

Harga tiket masuk Jurong Bird Park S$ 18 untuk dewasa dan S$ 12 untuk anak-anak. Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini. Mungkin bila dibandingkan antara Jurong Bird Park dengan Taman burung yang ada di Taman Safari Prigen sangatlah jauh, di Jurong Bird Park ini ribuan spesies burung ada disini, bahkan burung jalak hitam banyak sekali disini, mereka bebas berkeliaran. Sekitar jam 11.00 anda akan dihibur dengan pertunjukan burung yang sangat lucu, mereka begitu pintar menyanyi dan melakukan berbagai macam atraksi. Apabila anda merasa capek untuk jalan kaki anda bisa memilih untuk naik monorel yang mengelilingi taman burung ini ongkosnya cuma S$ 5. Setelah puas mengunjungi Jurong Bird Park kami memutuskan untuk kembali ke hotel, padahal rencananya kami mau ke merlion dan marina bay, tapi badan kami sangat capek karena Oliev minta gendong terus ndak mau jalan kaki. Rute untuk kami kembali ke hotel sama seperti kita akan berangkat, kita tinggal tunggu bus nomor 194 di halte, lalu menju Boon Lay, dari Boon Lay kita naik MRT ke Jurong East, selanjutnya oper MRT menuju Kranji. Dari Kranji naik bus nomor 170 menuju Larkin terminal di Johor Bahru. Kami tiba di tune hotel sekitar jam 16.00 kami memutuskan untuk tidur sebentar, sampai jam 9 kami bangun, kemudian pergi ke Restoran Skeinchan yang ada di depan hotel. Masakannya sangat lezat, banyak pilihan makanan disini mulai dari ikan bakar, sop ayam, ayam kampong goring, dan lain-lain. Apalagi sambal ikan bilisnya sangat lezat. Setelah selesai makan kami kembali ke hotel untuk mengemasi barang-barang lalu naik taxi menuju Larkin untuk naik bus ke KL.
c. Hari ketiga.
Selamat pagi KL, suasana terminal kedatangan di TBS masih sangat sepi kami istirahat sebentar terminal BTS sambil menunggu MRT ke arah Masjid Jamek. Sampai di Masjid Jamek kami sholat subuh dulu disini kemudian membeli sarapan pagi, banyak sekali dijumpai pedagang disini, mulai dari yang jual nasi lemak, kue-kue dan lain-lain. Dari Masjid Jamek kami oper kereta menuju KLCC. Kita menyebarang jalan karena kereta Kelana Jaya yang kita naiki ada di seberang jalan. Suasananya sangat ramai banyak pekerja yang jalan kaki menuju tempat kerjanya. Ini foto yang kita ambil di Petronas

Setelah dari Petronas kita pergi ke Pasar Seni, tapi jam 10.00 pasar seni baru buka sehingga kita menunggu di luar sambil jalan-jalan. Ini suasana di pasar seni.

Dari pasar seni kita langsung pulang menuju KL sentral untuk naik SkyBUs menuju ka LCCT. Ongkos naik bus cuma RM 9 per orang, Oliev tidak boleh bayar. Sampai di LCCT terminal keberangkatan internasional berada di dekat MCD, lihat dulu informasi keberangkatan di monitor yang ada di depan, disini banyak sekali petugas AirAsia bila Anda bingung atau memerlukan bantuan silahkan tanya saja mereka dengan senang hati akan melayani.
Tips – Tips berangkat ke KL dan Singapore.
1. Bawalah peta MRT Singapore dan Malaysia, peta wisata Singapore.
2. Bawalah obat-obatan sesuai keperluan.
3. Tertiblah antri, dan jangan buang sampah sembarangan, jangan makan, minum atau merokok di MRT. Membawa durian juga tidak boleh.
4. Persiapkan uang recehan, untuk naik bus.
5. Jika tidak bisa bahasa inggris tanyalah kepada orang Indonesia biasanya mereka mengerti.
Begitulah pengalaman kita bertiga jalan-jalan ke KL dan SGN, selamat jalan-jalan juga yaa..

lynaa said...

hai,, mau tanya,'kalau lama perjalanan dari LCCT ke TBS itu makan waktu berapa lama ya?

terima kasih

Unknown said...

tulisannya informative sekali mba..mbantu banget buat aku yg baru pertama kali rencana ke sing via Malaysia..aku mau Tanya mba.bus dari BTS ke sing itu,kursinya pake sandaran kaq gak mba?tq

indri mama satria said...

hai mbak..saya mau tanya,dr larkin ke tune hotel waktu itu mbak naik apa? klo taksi pakai yg warna apa dam kena biaya berapa? saya tunggu informasinya.dan makasih banyak buat sharing infonya. salam